Daerah  

1.300 Jemaah Haji Pamekasan Diberangkatkan, PJ Bupati Masrukin: Jaga Kondisi Kesehatan

RETORIK.ID, Pamekasan – Calon Jemaah Haji (CJH) yang berjumlah 1.300 asal Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, telah resmi diberangkatkan pada, Minggu 9 Juni 2024.

Diketahui, pemberangkatan Calon Jemaah Haji kali ini terbagi menjadi 4 (empat) kloter.

1.) Kloter 103 berangkat pukul 03:00 WIB,
2.) Kloter 104 berangkat pukul 11:00 WIB,
3.) Kloter 105 berangkat pukul 14:00 WIB,
4.) Kloter 106 berangkat pukul 17:00 WIB.

Para Calon Jemaah Haji tersebut, diberangkatkan dari halaman Masjid Agung Asy-Syuhada’ Pamekasan menuju embarkasi Surabaya. Kemudian, dilanjutkan menuju tanah suci Mekkah.

“Jumlah CJH asal Pamekasan yakni 1.300, mereka diberangkatkan menuju embarkasi Surabaya yang terdiri dari 4 kloter,” terang Mawardi, Kepala Kantor Kementerian Agama Pamekasan.

Mawardi berharap, Calon Jemaah Haji (CJH) untuk selalu menjaga kesehatan di tanah suci. Hal itu diperingatkan agar para Jemaah melaksanakan ibadah haji dengan khusuk serta bisa selamat dan kembali lagi ke Pamekasan.

“Saya mengimbau pada Jemaah Haji saat di Mekah untuk selalu jaga kesehatan, karena kondisi cuaca di kota Mekah terinformasi sampai hari ini 46 derajat celcius, jangan sampai dehidrasi konsumsi air yang banyak dan hindari makanan yang tidak sehat sehingga dapat berpengaruh pada kesehatan,” harapnya.

Sementara, Pj Bupati Pamekasan Masrukin mengungkapkan, terdapat Jemaah yang paling muda, yakni berumur 21 tahun. Kemudian Jemaah paling tua berumur 101 tahun.

“Ada orang Pasean itu masih umur 21 tahun, dan yang 101 tahun itu orang Pegantenan, meski di usia yang tak muda lagi, saya yakin beliau bisa memantapkan ibadahnya di tanah suci nanti,” ungkapnya.

Adapun persiapannya, kata Masrukin, dari sebelum pemberangkatan oleh Pemkab dan Kemenag Pamekasan dilakukan secara matang. Hal itu dalam upaya agar para Jemaah Haji dalam perjalanannya lancar tanpa hambatan.

“Alhamdulillah mudah-mudahan barokah walaupun tadi sempat diguyur hujan semoga ini bertanda baik,” tuturnya.

Masrukin berpesan, agar para Jemaah menjaga stamina, kemudian saling mengingatkan dan saling membantu dalam kebaikan antar Jemaah Haji.

“Semoga para Jemaah Haji mengikuti panduan yang sudah ada dan menjaga kondisi kesehatannya. Semoga lancar ibadahnya dan pulang kembali kerumah dengan selamat, amin,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email