Daerah  

Bangun SDM Kompeten, IWO Pamekasan Gelar Ngobrol Pintar Bahas Langkah Strategis

RETORIK.ID, Pamekasan – Ikatan Wartawan Online (IWO) PD Pamekasan, melaksanakan kegiatan rutinitas silaturrahmi bulanan bertajuk Ngobrol Pintar (Ngopi) di kediaman Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang beralamat di Griya Mapan, desa Kacongan, Kecamatan Kota Sumenep, Sabtu (27/01/2023).

Kegiatan ini, merupakan langkah strategis IWO dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas, kompeten, dan berintegritas tinggi dalam menjalankan tugas dan fungsi pers sesuai dengan koridor kode etik jurnalistik yang berlaku.

Ketua IWO Pamekasan, Diah Heny mengatakan, kegiatan perdana silaturrahmi sengaja digelar di Sumenep lantaran ada pembahasan krusial mengenai peningkatan kualitas SDM Jurnalis yang tergabung di Ikatan Wartawan Online (IWO) Pamekasan.

“Kegiatan ini sengaja digelar di kediaman bidang SDM lantaran ada pembahasan yang sangat krusial mengenai komitmen IWO dibidang peningkatan SDM,” kata Diah Heny mengawali sambutannya.

Diah Heny meminta seluruh anggotanya agar menjunjung tinggi komitmen agar IWO semakin diperhitungkan.

“Saya minta kepada segenap pengurus dan anggota agar menyatukan persepsi dan komitmen bersama demi organisasi,” pungkasnya.

Sementara, Bidang SDM, Igusty Madani dalam arahannya memberikan pemaparan mengenai fungsi dan tugas seorang jurnalis.

“Jurnalis tidak hanya bermodal KTA namun harus tahu fungsi dan cara kerjanya yang dituntut profesional dengan cara menjunjung tinggi integritas,” kata Igusty Madani .

Menurut dia, jika ingin menjadi jurnalis profesioal harus punya kesiapan mental untuk merubah mindset atau cara cara lama yang dilakukan.

“Kebiasaan kebiasaan lama yang tidak baik jangan dilakukan. Jadikan jurnalis yang punya nilai jual melalui karya yang mencerdaskan bukan menyesatkan,” tukasnya.

Selain itu, pria yang dikenal vokal ini menekankan pentingnya menjaga attitude. Sebab, adab lebih tinggi dari pada ilmu.

“Manakala seorang Jurnalis mengedepankan etika yang baik dengan relasi maupun narasumber yang ingin dikonfirmasi, maka hal itu akan mendatangkan sesuatu yang baik pula. Oleh karenanya, saat ingin mengonformasi narasumber perkenalkan diri namanya siapa, dari media apa dan organisasinya apa,” tuturnya.

Dengan demikian, lanjut Pemimpin Detikzone.net ini, jurnalis telah menunjukkan identitas dan jati dirinya, sehingga hal itu akan mendatangkan respek orang lain.

“Sepintar apapun kalian menulis, sebaik apapun cakap dan argumentasi kalian, jika etika Jurnalisme tidak dikedepankan makan bernilai kosong. Oleh karenanya, manfaatkan potensi kalian dengan attitude yang baik,” lanjutnya.

Terkahir, Igusty Madani menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya terhadap militansi segenap pengurus dan anggota IWO Pamekasan.

“Dengan adanya beragam kegiatan IWO, termasuk kegiatan hari ini, menjadi bukti bahwa IWO adalah organisasi besar yang marwahnya harus terus dijaga dan terus dibesarkan,” tandasnya.

Print Friendly, PDF & Email