Daerah  

Dinilai Jadi Kota Sehat, Pemkab Pamekasan Raih Penghargaan dari Kemenkes RI

RETORIK.ID, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur kembali menerima penghargaan. Kali ini penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan juga Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 2023 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Penyerahan penghargaan tersebut diterima langsung oleh Penjabat Bupati Pamekasan, Masrukin di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (28/11/2023) malam.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, dr. Saifuddin menyampaikan, penghargaan itu diraih lantaran dianggap sebagai kabupaten/kota yang sehat. Tentu, untuk mendapatkan kabupaten sehat itu memerlukan banyak persyaratan sebagaimana ketentuan dari pemerintah pusat.

Persyaratan itu ada sembilan tatanan, diantaranya tatanan di bidang kesehatan, lingkungan hidup, tatanan pariwisata, dan lain sebagainya,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (29/11/2023).

Menurutnya, semua tatanan itu harus memenuhi standar yang telah ditentukan. Seperti di lingkungan pasar yang harus menyediakan fasilitas untuk ibu menyusui, tempat kawasan merokok, kondisi air, dan fasilitas lainnya yang dapat menunjang terciptanya lingkungan bersih dan sehat.

“Atas tatanan itu Pamekasan dikategorikan sudah mendapatkan nilai untuk juara kedua. Untuk mempertahankan itu perlu komitmen bersama, baik dari pemerintah dan masyarakat secara umum” tambah pria yang beralamat di Desa Larangan Badung, Palengaan, Pamekasan tersebut.

Dia berharap masyarakat senantiasa memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Pamekasan. Salah satunya dengan cara menjaga pola hidup bersih, dan sehat, baik di rumah, sekolah atau lingkungan lainnya.

Print Friendly, PDF & Email