Daerah  

Dishub Pamekasan Siapkan Pengamanan Jelang Lebaran

RETORIK.ID, Pamekasan – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur tengah mempersiapkan langkah-langkah strategis menghadapi arus mudik lebaran idul fitri 1444 H yang diprediksi meningkat tajam.

Kepala Dishub Pamekasan, Basri Yulianto mengungkapkan, berdasarkan prediksi pemerintah pusat terdapat sekitar 80 juta warga akan melakukan mudik lebaran ke berbagai penjuru Indonesia, termasuk ke Kabupaten Pamekasan untuk menikmati hari raya bersama keluarga di kampung halamannya. Jumlah pemudik yang besar itu dipastikan akan meningkatkan kepadatan lalu lintas.

“Kami bersama dinas teknis lainnya sifatnya membantu polres sudah menentukan langkah-langkah. Nanti di beberapa titik akan ditentukan pos pelayanan dan pos pengamanan. Nanti di pos pengamanan ada beberapa kekuatan personil masing-masing penanggungjawab, baik dishub, Satpol PP dan TNI/Polri dan lain sebagainya sudah ada,” terangnya, Minggu (9/4/2023).

Dikatakan, pihaknya akan menerjunkan 45 petugas untuk pengamanan dan pelayanan bagi pemudik, jumlah itu belum termasuk Satpol PP, TNI, Polri dan beberapa instansi lainnya yang berjumlah sekitar 400 personil apabila mengacu kepada jumlah personil tahun lalu.

“Sudah ada keputusan dari pemerintah kalau libur lebaran itu dimajukan. Harapannya, kalau tahun sebelumnya puncak mudik itu H-2 lebaran, karena tahun ini dimajukan mungkin H-3 itu sudah puncak mudik. Artinya bisa cepat mengurai kemacetan,” tandasnya.

Dia meminta masyarakat berhati hati selama dalam perjalanan demi keselamatan hingga kampung halamannya. Hal yang harus diperhatikan adalah meninggalkan rumah dalam keadaan aman, pintu dan jendela rumah terkunci, kran air ditutup dan kompor dalam keadalam tidak menyala untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan selama melakukan mudik.

Print Friendly, PDF & Email