Daerah  

Gebyar Batik Pamekasan di Bali Disaksikan 50 Negara, Disperindag : Saya Puas

RETORIK.ID, Pamekasan – Pelaksanaan gebyar batik Pamekasan, Madura, Jawa Timur yang ke empat di Bali International Convention Center masih menyisakan kesan luar biasa apabila dibandingkan dengan pagelaran sebelumnya.

Pasalnya, gebyar batik Pamekasan yang juga berpartisipasi dalam world converence on creative economy tersebut tampil memukai di hadapan perwakilan kementerian dari 50 negara, ditambah fashion show batik tulis Pamekasan yang luar biasa.

“Saya cukup puas atas pagelaran (gebyar batik) yang terakhir kemarin, karena ini untuk mempromosikan batik Pamekasan sekaligus meningkatkan daya jual,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, Achmad Sjaifuddin, Sabtu (8/10/2022).

Dia menambahkan, pihaknya beberapa kali presentasi perihal gebyar batik Pamekasan tersebut kepada beberapa lembaga. Termasuk kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI untuk membuktikan keseriusan Pemkab Pamekasan dalam mempromosikan batik tulis Pamekasan yang berkualitas.

“Kemarin pak direktur juga menyampaikan terima kasih kepada saya bahwa adanya gebyar batik ini dapat menambah kualitas acaranya (world converence on creative economy),” tandasnya.

Dia berharap, batik tulis Pamekasan menjadi top off mind masyarakat luar dan masyarakat mancanegara demi keberlangsungan ekonomi perajin. Oleh karena itu, para pemuda sebagai penerus perjuangan untuk senantiasa mempertahankan batik sebagai warisan nenek moyang.

Pihaknya meminta para designer untuk senantiasa mengevaluasi dari setiap gebyar batik sebelumnya agar tampil lebih baik pada event berikutnya. Hasilnya, fashion show yang tampil pulau dewata Bali mampu menjawab keraguan banyak kalangan lantaran penampilan yang luar biasa tersebut.

“Batik ini bukan hanya untuk orang dewasa, bapak-bapak atau ibu-ibu, tetapi juga untuk kalangan anak muda,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email