Daerah  

Goes To Campus: Diskominfo Jombang Sosialisasikan Kanal Pengaduan Online Nasional

RETORIK.ID, Jombang – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jombang melaksanakan program Goes to Campus untuk menyosialisasikan kanal pengaduan online nasional SP4N-LAPOR! di Aula Universitas PGRI Jombang, Jumat (21/6/2024).

“Sosialisasi SP4N-LAPOR! telah dilakukan dari tahun-ketahun. Harapannya SP4N-LAPOR! menjadi katalog aduan yang sistemnya terpantau oleh pusat. Semakin banyak aduan dan kritik akan membantu membangun Kabupaten Jombang,” kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jombang, Endro Wahyudi.

Dengan diikuti puluhan mahasiswa mewakili 18 kecamatan di Jombang, ia berharap agar setelah memahami fungsi SP4N-LAPOR! bisa turut mendiseminasikan pada masyarakat di daerah asalnya.

“Adik-adik mahasiswa ini sudah mewakili 2/3 dari seluruh wilayah Jombang. Semoga bisa membantu memfasilitasi aspirasi dan pengaduan masyarakat,” tuturnya.

Pranata Humas Ahli Pertama Diskominfo Jawa Timur, M. Afrizal Akbar menekankan bahwa SP4N-LAPOR! hadir untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, pendapat, bertanya, bahkan pengaduan layanan publik.

“Kami berharap aplikasi ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan bisa direspon dengam cepat oleh pemerintah. Dari pada curhat di medsos, bikin status yang tidak jelas, lebih baik melalui kanal yang sudah disiapkan pemerintah pusat dan ini semua sudah terintegrasi sampai di tingkat daerah,” tambahnya.

SP4N-LAPOR! merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara online yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara pelayanan publik. Setiap instansi diwajibkan menggunakan SP4N-LAPOR! untuk pengaduan pelayanan publik.

Lahirnya SP4N-LAPOR! didasari pada pentingnya pengelolaan pengaduan. Sebab pengaduan merupakan hak masyarakat, sebagai evaluasi pelayanan publik, dan menjadi kesempatan bagi pemerintah untuk memberikan klarifikasi.

SP4N-LAPOR! tersedia dalam berbagai kanal seperti SMS di SMS 1708, Android di Playstore SP4N LAPOR!, IOS SP4N-LAPOR!, website www.lapor.go.id dan kanal sosial media seperti Twitter, Line, Telegram, dan Facebook.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Nanik Sri Setiyani mengapresiasi kerjasama dengan Diskominfo Jombang.

“Alhamdulillah Diskominfo Jombang telah memberikan kepercayaan pada Universitas PGRI Jombang dalam menggelar sosialisasi SP4N-LAPOR!,” ujarnya.

Nanik juga menyampaikan, banyak alumni yang bekerja di Diskominfo Jombang dengan catatan positif. “Semoga ke depan para mahasiswa kami bisa terus disiplin dan membantu pemerintah, khususnya Diskominfo Jombang,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email