Daerah  

Jelang Pemilu 2024, PC PMII Kota Malang Siap Berperan Dalam Pengawasan

RETORIK.ID, Malang – Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Indonesia (PMII) Kota Malang, Jawa Timur siap berperan dalam pengawasan pemilu 2024.

Ketua Umum PC PMII Kota Malang Moh. Sa’i Yusuf mengatakan, kesiapan keterlibatan PMII itu bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu.

Konkretnya, kerjasama itu dilakukan dengan penandatanganan Mou antara Ketua Umum PC PMII Kota Malang dan Bawaslu Kota Batu di Kantor Bawaslu Kota Batu, Senin (15/08/2022) siang.

“Keterlibatan PMII untuk ikut menjaga nama baik penyelenggara pemilu harus didongkrak. Dan langkahnya yakni kader-kader kami dari PMII terdiaspora, salah satunya dengan kerjasama dengan Bawaslu ini dalam fungsinya yaitu pengawas pemilu.” ujar Sa’i, Senin (15/08/2022).

Sementara Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman mengatakan, respon baik yang ditunjukkan kader PMII Kota Malang dapat memberikan peluang positif.

Sebagai fungsi mitra kolaboratif lembaga atau instansi lanjut Rochman, pengaplikasian ilmu bagi kader PMII ini selaras dengan bidangnya, yakni di bagian pemilu.

Rochman menambahkan, dengan adanya kerjasama ini, kader PMII diharapkan bisa lebih proaktif mengikuti tahapan pemilu sesuai rel-nya.

Termasuk diantaranya mewadahi sosialisasi politik atau semacam pendidikan politik secara umum, bahkan bisa tampil langsung sebagai pemantau pemilu.

“Harus disadari, pekerjaan rumah besar kita bersama yakni memberantas atau berusaha meminimalisir adanya politik dagang sapi seperti politik transaksional atau lebih dikenal NPWP, nomer piro wani piro.” ujar Rochman saat memberikan sambutan.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *