Lautan Massa Kampanye AMIN di JIS Jadi Fenomena Bangkitnya Partisipasi Publik

RETORIK.ID, Nasional – Hadirnya figur Anies Baswedan dinilai sukses membawa fenomena baru selama Pilpres 2024 dengan munculnya partisipasi publik yang nyata.

Kampanye Akbar yang dipenuhi lautan massa di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Sabtu (10/02/2024) menjadi puncak partisipasi publik tersebut.

Demikian ditekankan Wakil Ketua Umum Partai NasDem, yang juga Pelatih Kepala Timnas AMIN, Ahmad Ali dalam keterangannya, Sabtu (10/2).

Menurutnya, Anies sukses melakukan perubahan dari politik mobilisasi ke politik partisipasi.

“Kalau mengisi stadion itu hal yang mudah bagi orang berduit, tapi menggerakan orang untuk hadir dengan partisipasi itu hal yang luar biasa yang tidak mungkin bisa dikerjakan oleh orang-orang yang tidak diharapkan oleh masyarakat,” kata Ahmad Ali.

Partisipasi publik itu lanjut dia lahir ketika calon pemimpin yang disodorkan kepada masyarakat adalah yang mampu menjadi harapan masyarakat. Hal itu pula yang menurut dia bergulir menjadi fenomena luar biasa di Pilpres 2024 kali ini.

Embrio partisipasi publik tersebut lanjut dia mulai mengalir pasca Anies dideklarasikan NasDem pada medio akhir tahun 2022 lalu.

Anies kemudian turun ke berbagai penjuru tanah air melalui dialog-dialog partisipatif dengan masyarakat yang dikemas ke dalam antara lain Desak Anies.

Bahkan hingga final chapternya Desak Anies kata dia semakin mendapat tempat di hati masyarakat yang hadir dengan penuh suka cita bahkan tanpa mobilisasi ataupun bayaran.

Ahmad Ali pun menegaskan bahwa masyarakat Indonesia yang selama ini mungkin oleh sejumlah pihak dianggap pragmatis ternyata telah terbukti tidak seperti itu.

Dia pun berpesan agar ke depan partai politik dapat terus memperhatikan aspek kepentingan masyarakat dalam mencalonkan pemimpin sehingga partisipasi itu bisa terus diwujudkan.

Lebih lanjut Ahmad Ali yang kerap mendampingi Anies dalam safari politiknya selalu merasakan adanya kerinduan yang begitu mendalam untuk bertemu dan mendengarkan gagasan-gagasan yang dibawa Anies sekaligus menitipkan harapannya kepada duet AMIN.

“Nampak terlihat ketika setiap kunjungan Anies Baswedan itu tidak pernah dilakukan mobilisasi selalu partisipasi masyarakat selalu ada kerinduan masyarakat ketika Anies hadir di tempat tersebut,” tambah dia.

Ahmad Ali yang juga Caleg DPR RI Partai NasDem Dapil DKI I (Jakarta Timur) nomor urut 1 itu pun menangkap adanya akumulasi kerinduan masyarakat dalam skala yang lebih besar dan dibuktikan dengan hadirnya lautan massa dalam kampanye akbar AMIN di JIS.

“Artinya bahwa beberapa bulan perjalanan itu sudah terjadi beberapa eskalasi kerinduan masyarakat tapi yang tadi itu puncak dari pada masyarakat menitipkan harapannya,” kata dia.

Peristiwa suksesnya kampanye AMIN di JIS itu lanjut dia sekaligus mengirimkan pesan jelas kepada pemerintah khususnya agar mampu menjadi penyelenggara yang adil untuk kepentingan bangsa Indonesia.

“Itu adalah murni partisipasi masyarakat kehadiran mereka itu bukan sekadar hadir melihat Anies atau mendengarkan orasi Anies tetapi sekaligus mengirimkan pesan menurut saya bahwa pemerintah atau siapapun penyelenggara negara harus berlalu adil untuk semuanya karena kalau tidak itu potensi terjadinya gejolak sangat besar,” tutup dia.

Print Friendly, PDF & Email