Makanan Hits Kekinian Khas Pamekasan Madura

Kuliner terpopuler yang ada di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur

Kuliner Hits Kekinian di Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur

Apabila berkunjung ke Pulau Madura, kurang lengkap rasanya jika tidak mampir dan mencicipi kuliner khas kekinian yang ada di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Kabupaten Pamekasan tak hanya terkenal dengan wisatanya yang indah, kota yang memiliki sebutan “Gerbang Salam” ini memiliki berbagai sajian lezat kuliner khas tersendiri. Tak heran apabila banyak food vlogger mengakui kenikmatan yang terbuat langsung dari olahan tangan orang Madura termasuk Pamekasan.

Makanan khas terpopuler yang menjadi andalan ialah sate lalat, namun siapa sangka, selain sate lalat ternyata masih banyak makanan yang tak kalah nikmat dan telah diakui kenikmatannya oleh pecinta kuliner nusantara.

Berbagai macam makanan kekinian khas Pamekasan yang wajib dicicipi sebagai berikut :

Campor Lorjuk

Campor Lorjuk

Campor Lorjuk merupakan kuliner khas Kabupaten Pamekasan tepatnya di Kecamatan Pademawu. Bahan utama dari Campor Lorjuk tentu adalah Lorjuk itu sendiri. Lorjuk adalah sejenis kerang laut yang banyak ditemukan di tepi pantai pesisir Madura.

Bentuknya yang panjang seperti bambu sehingga Lorjuk juga dikenal dengan kerang bambu atau kerang kuku. Jenis kerang bambu ini bisa ditemukan saat air laut sedang surut yang berada di bawah pasir pantai.

Campor Lorjuk sendiri kalau dilihat sekilas seperti Soto, tapi kali ini sotonya berbahan Lorjuk. Satu porsi Campor Lorjuk terdiri dari irisan lontong, mie soun yang sudah dimasak, kacang ijo yang dimasak dengan bumbu manis, kecambah goreh, remahan peyek, kemudian disiram dengan kuah Campor Lorjuk dan tidak lupa diberi taburan Lorjuk yang sudah dimasak dibagian atasnya sebagai topping.

Campor Lorjuk tidak lagi membutuhkan campuran penyedap buatan karena rasa gurih kuahnya yang berasal dari rebusan Kerang Bambu sudah sangat gurih.

Kaldu Kokot

Kaldu Kokot

Kaldu kokot alias kaldu kikil ini sebenarnya adalah sop kikil dan kaki sapi. Ia disebut sop karena masuk dalam kategori masakan yang memiliki kuah. Sebenarnya, kaldu kokot lebih menyerupai gulai atau rawon. Bedanya, kaldu kokot biasa ditambahkan dengan potongan kikil atau kulit dan tulang kaki sapi.

Satu porsi kaldu kokot disajikan lengkap dengan nasi atau potongan ketupat. Sebagai tambahan, Kaldu Kokot pun akan diberi kerupuk, kacang mete, perkedel ubi, dan lorji sebagai topping yang bisa Anda pilih sendiri. Rasanya yang lezat dijamin ampuh untuk membantu Anda yang sedang kelaparan.

Untuk dapat membuktikan kenikmatan kaldu kokot ini, sambangilah Warung Kaldu Anda di Jalan Pintu Gerbang, nomor 46, Pamekasan, Madura. Warung ini memiliki resep kaldu kokot yang tetap terjaga secara turun temurun.

Campor Tolang

Campor Tolang

Campor tolang berbeda dengan Campor pada umumnya, Campor Tolang ini memiliki bumbu rujak, kemudian menggunakan lontong, tauge, suun, sayuran, tahu, kripik singkong, bawang goreng, bumbu kacang dan pisang biji.

Sementara kalau campor pada umumnya dicampur dengan daging atau ayam. Tapi Campor Tolang ini langsung dikasih tulang daging sapi yang sudah direbus terlebih dahulu dengan bumbu.

Campor Tolang menjadi makanan hits di pamekasan terutama bagi anak muda pencinta kuliner, tak jarang kaum millenial mengunjungi dan mecicipi makanan kekinian tersebut, bahkan mereka yang datang membawa pasangannya masing-masing.

Soto Ayam

Soto Ayam

Bicara soal Soto Ayam Madura salah satu tempat yang terkenal adalah Soto Ayam di Jalan Raya Keppo. Makanan ini rasanya gurih dan nikmat. Ayam yang digunakan dalam kuliner ini menggunakan ayam kampung dan dimasak dengan teknik tersendiri sehingga menghasilkan soto yang gurih.

Dalam penyajian, kuliner Pamekasan ini diberi irisan daging ayam yang empuk, soun, telur rebus dan perasan jeruk nipis dan dihidangkan dengan lontong atau nasi.

Soto Ayam Madura beda dengan Soto Ayam di Surabaya. Kebanyakan Soto Ayam di Surabaya berasal dari Lamongan dengan ciri khas kuah berwarna kuning dan ada tambahan koya (kerupuk ikan yang dihaluskan).

Sedangkan Soto Ayam Madura ini kuahnya cenderung bening dengan rasa yang ringan dan tidak berasa rempah. Isiannya berupa potongan ayam kampung, telur, kentang rebus dan kerupuk semacam peyek yang dihancurkan serta taburan bawang goreng di atasnya. Kamu bisa makan dengan ketupat atau nasi.

Print Friendly, PDF & Email