Daerah  

Melalui TDTL, UKK FPM Febi IAIN Madura Realisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Desa Bangkes

UKK FPM FEBI IAIN Madura saat menyelenggarakan Kegiatan Turun Desa dan Tour Lapangan (TDTL) di Desa Bangkes, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan.

RETORIK.ID, Pamekasan – Dalam rangka merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, UKK FPM FEBI IAIN Madura menyelenggarakan Kegiatan Turun Desa dan Tour Lapangan (TDTL) di Desa Bangkes, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan.

Kegiatan TDTL ini merupakan agenda kolaborasi yang di dalamnya ada 3 program kerja, diantaranya :

1. WnP go to school, yang di konsep dengan pelatihan penulisan makalah di SMA AL-HUSEIN selama tiga hari dan ditutup dengan seminar motivasi yang akan di hadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan.

2. EP Bina Desa, yakni melakukan pendampingan terhadap masyarakat tentang Sertifikasi Halal dan PIRT.

3. Kemudian Srikandi Goes to Village, merupakan program khusus srikandi yang di konsep dengan mini festival dengan adanya lomba-lomba di Desa Bangkes.

Ketua FPM Febi, Al Ridi Rahman mengatakan, kegiatan ini digelar bertujuan untuk merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian yang di kemas dengan acara TDTL.

“Semoga dengan kepengurusan UKK FPM FEBI ini dapat untuk terus berkolaborasi dengan masyarakat dan belajar cara beretika yang baik sehingga menjadi pelajaran bagi kita semua (Kepengurusan),” harap Al Ridi Rahman.

Selaras dengan Al Ridi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam H. Zainal Abidin juga berharap UKK FPM Febi terus melakukan inovasi baru, sebab sebelumnnya pihak fakultas sudah memfasilitasi percetakan buku tingkat nasional untuk UKK FPM Febi IAIN Madura.

“Saya berharap UKK FPM FEBI terus memiliki Inovasi baru yang sesuai dengan visi misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan dapat membawa nama baik FEBI dan Almamater kampus IAIN Madura”, harapnya.

Di tempat yang sama, Sekdes Desa, H. Haliuddin menyampaikan terima kasih atas segala bentuk pengabdian dan kreatifitas mahasiswa. Ia mengapresiasi serta bangga atas program TDTL yang digelar di desanya.

“Mudah mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif baik kepada lembaga maupun kepada masyarakat Desa Bangkes. Kami sangat bangga dan berbahagia serta senang karena Desa Bangkes telah dipercaya sebagai tempat pelaksanaan TDTL ini”, ucapnya.

Sementara itu, Abd Rohman Al-Hadifi Ketua Dema terpilih mengatakan bahwa, “TDTL yang di laksanakan oleh UKK FPM FEBI IAIN Madura sangat linier dengan visi misi FEBI,”.

Menurutnya, TDTL ini sebagai bentuk kontribusi nyata akademisi kepada masyarakat yang nantinya akan melaksanakan KPM (kuliah pengabdian masyarakat) selama 1 bulan.

“Dan TDTL ini merupakan proses latihan kalian selama di masyarakat,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Sekdes Desa Bangkes, Ketua DEMA FEBI IAIN MADURA Terpilih, Ketua FoSSEI Komisariat Madura, Ketua DPD (Dewan Pengawas dan Demisioner).

Print Friendly, PDF & Email