Daerah  

Mensos Risma ke Pamekasan, Renovasi Rumah Tak Layak Huni Milik Umi Kalsum

Foto : Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini saat Memantau Proses Renovasi Rumah Tidak Layak Huni Milik Umi Kalsum, Minggu (12/5/2024).

RETORIK.ID, Pamekasan – Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini, mendatangi rumah warga yang hampir roboh dan tak layak huni di Desa Murtajih, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (12/5/2024).

Diketahui, rumah tersebut milik Umi Kalsum (45) yang sempat viral diberbagai pemberitaan media massa dengan kondisi yang sangat memprihatinkan.

Selain Umi Kalsum, rumah yang nyaris roboh itu juga ditempati oleh Muhammad Ikhwan (47) suami dari Umi Kalsum yang pekerjaannya hanya sebagai pemulung. Bahkan, anak-anaknya serta keponakannya yang menyandang disabilitas juga tinggal didalamnya.

Kondisi tersebut menjadi perhatian khusus bagi Mensos Tri Rismaharini. Sebab itu, Risma biasa disapa, meminta langsung agar rumah tersebut dibongkar untuk diperbaiki.

Risma menyaksikan langsung proses pembongkaran yang melibatkan petugas gabungan dari Tagana (Tenaga Kesejahteraan Sosial), TNI, dan Polri.

“Teman-teman dari Tagana, Pendamping Program Keluarga Harapan, serta dibantu TNI, Polri, dan Desa yang akan membantu untuk merenovasi,” kata Mensos Risma.

Tak hanya merenovasi rumah, Mensos Risma juga memberikan bantuan. Misalnya seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan memasukkan keluarga Ikhwan dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Sementara itu, Umi Kalsum sumringah setelah rumahnya direnovasi serta diberi berbagai bantuan. Ia seolah tak menyangka nasibnya seberuntung saat ini, terlihat beberapa kali air matanya bercucuran menandakan sebuah tangis kebahagiaan.

“Terima kasih banyak, saya sangat tidak menyangka akan kedatangan ibu Menteri. Saya sangat bersyukur sekali karena nanti saya tidak akan ketakutan kerobohan bangunan rumah saya lagi, saya sudah membayangkan tidur dengan nyenyak tanpa rasa takut, alhamdulillah” tutupnya dengan penuh rasa syukur.

Print Friendly, PDF & Email