Daerah  

Pelayanan Kesehatan Gratis, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Donor Darah

Sumber Foto : Lapas Narkotika Pamekasan

RETORIK.ID, Pamekasan – Dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 tahun 2023, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim bersama paguyuban ibu-ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Wilayah Pamekasan menggelar donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis, berupa Test Gula darah, Asam urat dan lain-lain, bertempat di Aula gedung Utama Lantai 1 Lapas Narkotika Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Senin (20/3/2023).

Kegiatan donor darah ini bekerjasama dengan PMI Kabupaten Pamekasan dan Laboratorium Medis Persada Pamekasan. kegiatan ini diikuti oleh pegawai dari Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan dan pegawai UPT Pemasyarakatan di wilayah Pamekasan serta Paguyuban ibu-ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Wilayah Pamekasan. Sebanyak 20 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam kegiatan ini.

Dengan mengusung tema “Transformasi Pemasyarakatan semakinPASTI BerAKHLAK, Indonesia Maju” donor darah ini dilaksanakan sebagai wujud semangat serta pengabdian dan bakti para Petugas Pemasyarakatan.

Calon pendonor terlebih dahulu mengisi formulir yang disediakan oleh petugas Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, pemeriksaan tekanan darah dan hemoglobin, jika memenuhi persyaratan, maka calon pendonor langsung menuju kursi antrian dan menunggu giliran pengambilan darah.

“Dalam kegiatan donor darah ini ada banyak manfaat yang kita dapat, selain mendonorkan darah untuk menolong sesama, juga membuat tubuh kita menjadi lebih sehat karena regenerasi sel darah.” Jelas Plt. Kalapas Narkotika Pamekasan Eddy Junaedi.

Lebih lanjut lagi, Plt. Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Eddy Junaedi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari layanan kesehatan proaktif yang dilaksanakan jajaran Pemasyarakatan.

“Kegiatan ini untuk menggelorakan semangat pengabdian dan bakti petugas kepada masyarakat dengan kegiatan sosial yang bermanfaat, salah satunya kegiatan donor darah ini. Dan dalam rangka memperingati HBP ke 59,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email