Pemilu 2024, PPLN Budapest Lakukan Sosialisasi dan Pastikan WNI di Hongaria Miliki Hak Suara

RETORIK.ID, Budapest – Pada tanggal 31 Maret 2023, bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Budapest, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Budapest melakukan kegiatan sosialisasi Pemilu 2024 dan buka bersama yang bekerja sama dengan PPI Hongaria.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Hongaria pada proses pemilihan umum tahun 2024 mendatang.

Ketua PPLN Budapest, Agung Wicaksono, dalam paparannya menjelaskan bahwa partisipasi mahasiswa Indonesia di Hongaria sangat penting bagi Indonesia ke depannya.

Untuk itu, PPLN Budapest memastikan setiap warga negara Indonesia yang berdomisili di Hongaria memiliki hak suara dan dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

“Oleh karena itu, sosialisasi dan pemutakhiran data pemilih menjadi upaya penting dalam memastikan partisipasi pemilih Indonesia di Hongaria semakin meningkat,” ujar Agung Wicaksono.

Acara sosialisasi dan buka bersama ini dihadiri oleh sekitar 130 pelajar Indonesia dari berbagai daerah yang ada di Hongaria.

Dalam kesempatan ini, Ketua PPI Hongaria, Marhadi, menyatakan bahwa acara sosialisasi sekaligus buka bersama ini bagus untuk meningkatkan pengetahuan mengenai Pemilu dan juga sebagai ajang silaturahmi pasca pandemi Covid-19.

Marhadi juga mengajak agar setiap mahasiswa Indonesia yang tersebar di beberapa kota di Hongaria untuk turut serta dalam proses pemilihan umum tahun 2024.

Kegiatan sosialisasi Pemilu dan buka bersama ini juga diisi dengan menu makanan khas Indonesia. Acara ini berhasil menciptakan suasana kebahagiaan dan keceriaan bagi mahasiswa Indonesia yang jauh dari tanah air namun tetap merasakan tradisi kebersamaan seperti berada di negeri tercinta Indonesia.

“Dengan dilaksanakannya acara ini, diharapkan mahasiswa Indonesia di Hongaria semakin mengenal budaya demokrasi bangsa Indonesia dan merasa termotivasi untuk ikut serta dalam proses pemilihan umum tahun 2024 mendatang,” sambung Marhadi.

PPLN Budapest berharap melalui kegiatan sosialisasi dan buka bersama ini, partisipasi pemilih Indonesia di Hongaria dapat meningkat.

Diharapkan semakin banyak mahasiswa Indonesia yang dapat menggunakan hak suaranya pada proses pemilihan umum di tahun 2024 nanti.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi serta menciptakan relasi yang baik antara mahasiswa Indonesia di Hongaria.

Print Friendly, PDF & Email