Daerah  

Pemkab Pamekasan dan Kodim 0826 Resmi Teken MoU TMMD ke 199 Tahun 2024

RETORIK.ID, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Kodim 0826 terkait pelaksanaan TNI manunggal membangun desa (TMMD) ke 119 tahun 2024, Selasa (20/2/2024).

Teken kesepakatan kerja sama itu dilakukan antara Penjabat Bupati Pamekasan, Masrukin dan Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf. Ubaidillah saat upacara pembukaan TMMD ke 119 di lapangan Nagara Bhakti Mandhapa Aghung Ronggosukowati.

Pj Bupati Pamekasan, Masrukin menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI yang akan melaksanakan TMMD ke 19 di Desa Tampojung Pregi, Kecamatan Waru mulai tanggal 20 februari sampai 20 Maret 2024. Hal ini menunjukkan kemanunggalan TNI dengan rakyat terwujud dengan baik.

“Saya yakin ini menjadi kekuatan besar dalam berbangsa dan bernegara, semoga program yang sangat strategis ini dapat memacu kita untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan semangat berjuang untuk mengisi kemerdekaan dengan prestasi dan kinerja yang membanggakan,” kata Pj Bupati Pamekasan, Masrukin.

TMMD, kata Masrukin, merupakan kegiatan lintas sektoral yang melibatkan unsur unsur TNI, kementerian, dan lembaga pemerintah non kementerian, pemerintah daerah, dan keterlibatan semua elemen masyarakat.

“Program ini dalam rangka membantu pemerintah ikut berpartisipasi dalam akselerasi pembangunan nasional, baik fisik maupun non fisik. Khususnya di daerah terpencil dan tertinggal yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Dalam kondisi seperti ini, TMMD memiliki arti dan peran yang strategis, yakni membangkitkan kembali semangat kebersamaan, gotong royong, serta nilai-nilai agama, dan nilai luhur bangsa,” tuturnya.

Mantan Sekda Pamekasan ini menjelaskan, TMMD merupakan salah satu solusi bagi pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan percepatan pembangunan di daerah, serta menggugah masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam membangun desanya.

“Kegiatan ini secara tidak langsung juga memupuk kebersamaan, senasib, dan jiwa kegotong royongan sebagai watak dan karakter yang harus kita bangun. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai TMMD, yaitu semangat kebersamaan dan semangat kegotong royongan,” jelasnya.

TMMD sangat efektif dalam realisasi pembangunan, baik dari sisi pembangunan ekonomi, pertahanan keamanan, peningkatan cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara.

Melalui TMMD, lanjut Masrukin, peningkatan sinergitas dan kerja sama antara TNI, polri, lembaga kementerian, lembaga non kementerian, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat menuju masyarakat yang damai dan sejahtera menjadi keniscayaan.

“Dalam menjunjung TMMD, Pemkab Pamekasan akan mendukung pelaksanaan TMMD dalam bentuk kegiatan maupun material yang ada di OPD,” tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email