Pengertian Fonologi Menurut Beberapa Ahli

RETORIK.ID, Edukasi – Pernahkah kalian mendengar kata Fonologi? Apa itu Fonologi? Membahas unsur Bahasa dalam kajiannya tentu cukup luas sekali, salah satunya adalah Fonologi.

Secara Etimologi Fonologi terbentuk dari kata Fon dan Logi. Fon artinya bunyi, sedangkan Logi artinya ilmu. Fonologi sendiri diambil dari Bahasa Yunani, Fon yang berarti Voice atau Sound kemudian Logo yang berarti Word atau Speech. Jadi, yang dimaksud dengan Fonologi adalah studi ilmu yang membahas tentang bunyi-bunyi yang diproduksi dari alat ucap manusia.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Fonologi : Bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.

Fonologi menurut para ahli sebagai berikut:

Abdul Chaer
Berdasarkan etimologi “fonologi” terbentuk dari kata “fon” yang berarti “bunyi” dan “logi” berarti sebagai “ilmu”. Maka, umumnya bisa di bilang Fonologi memiliki arti Ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang di pakai oleh manusia.

Kridalaksana
Fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.

Roger Lass
Fonologi sebagai subdisiplin dalam ilmu bahasa yang mempelajari tentang bunyi bahasa. Dimana bunyi yang dihasilkan inilah yang dapat dipelajari untuk melihat perilaku, ujaran dan masih banyak hal yang bisa dianalisis dari bidang linguistik.

Fromkin & Rodman
Definisi Fonologi adalah suatu bidang linguistik yang mengamati, mempelajari, mengalisa serta membecirakan terkait dengan tata bunyi bahasa.

Keraf
Fonologi bisa di artikan bagian dari tatanan bahasa yang mempelajari dari bunyi-bunyi bahasa.

Widi
Fonologi adalah tata bahasa yang dipelajari dalam cabang ilmu bahasa. Dimana ilmu ini akan menganalisis bunyi bahasa secara umum.

Print Friendly, PDF & Email