Daerah  

Program Rehabilitasi Sosial WBP Lapas Narkotika Pamekasan Resmi Ditutup

RETORIK.ID, Pamekasan – Pada hari ini, Senin 30 Oktober 2023 Program Rehabilitasi Sosial bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim resmi ditutup.

Penutupan program rehabilitasi ditandai dengan penanggalan tanda peserta rehabilitasi dan penyerahan sertifikat rehabilitasi kepada 150 orang WBP yang telah menyelesaikan program dengan utuh yang diserahkan langsung Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban kegiatan Program Rehabilitasi yang dilaksanakan kurang lebih 6 bulan.

Plt. Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Eddy Junaedi mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang turut mensukseskan terlaksananya kegiatan ini selama 6 bulan.

“Tanpa bantuan dan kerjasama semua pihak, program rehabilitasi, pramuka dan pelatihan kemandirian ini tidak dapat terlaksana dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal seperti saat ini. Saya berharap dengan adanya program ini dapat merubah perilaku Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) saat telah kembali ke masyarakat umum,” ujar beliau.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono, beliau menyampaikan bahwa program Rehabilitasi merupakan bekal untuk menjalani realita kehidupan sosial di luar Lapas setelah selesai menjalani masa pidana.

“Rehabilitasi Sosial ini merupakan upaya menyelamatkan Bangsa Indonesia dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Namun masih banyak hal yang harus disempurnakan melalu kerja keras kita bersama. Kami berharap komitmen semua pihak untuk menjadikan program ini sebagai langkah awal menuju pemulihan kesatuan hubungan kehidupan,” ucapnya.

Kegiatan ditutup dengan pelepasan tanda peserta dan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono didampingi Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Keamanan dan Intelijen, Krismono kepada perwakilan WBP peserta program rehabilitasi.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penampilan Parade Demonstrasi dari para peserta Rehabilitasi Tahun 2023 diantaranya dengan menampilkan LKBB oleh peserta Pramuka, penampilan kesenian tradisional Madura Oldaol oleh peserta Rehabilitasi dan dan diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh pejabat struktural bersama tamu undangan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Keamanan dan Intelijen, Krismono, Kepala Kanwil kemenkumham Jatim, Heni Yuwono, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil kemenkumham Jatim, Asep Sutandar dan para stakeholder serta mitra kerja Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim.

Print Friendly, PDF & Email