Daerah  

Sebanyak 16 Narapidana Lapas Narkotika Pamekasan Mendapat Remisi Khusus Natal Tahun 2023

RETORIK.ID, Pamekasan – Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar kegiatan Perayaan Natal Tahun 2023. kegiatan ini dirangkai dengan pemberian Remisi khusus Natal Tahun 2023 kepada 16 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang beragama Nasrani yang telah memenuhi syarat administratif dan substantif sesuai peraturan perundang-undangan, Senin (25/12/2023) bertempat di Gereja Oikumene pukul 09.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Yhoga Aditya Ruswanto, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik, Rikie Umbaran, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Sidik Widiyanto, Kasubsi Registrasi, Hendra Dwi Putra, Kasubsi Bimkemaswat, Hairul Rasyid, dan Koordinator Gereja Kabupaten Pamekasan, Indra Hidayat serta 21 WBP yang beragama Nasrani.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Yhoga Aditya Ruswanto menyampaikan apresiasinya kepada pegawai Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim khususnya jajaran Binadik atas terlaksananya perayaan Natal Tahun ini.

Remisi ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan semangat bagi Warga Binaan untuk dapat berkelakuan baik selama menjalani masa pidana-nya serta semakin dapat meningkatkan keimanannya agar setelah bebas nanti dapat terhindar dari perbuatan melawan hukum kembali serta diharapkan bisa menjadikan proses pembinaan Narapidana di Lapas dapat berjalan dengan maksimal,” ujar Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Yhoga Aditya Ruswanto saat menyampaikan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yashona H Laoly.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik, Rikie Umbaran mengatakan bahwa Natal ini merupakan momentum yang penting bagi umat Kristen di seluruh dunia tanpa terkecuali para Warga Binaan Pemasyarakatan yang beragama Nasrani.

‚ÄúDari 25 orang Warga Binaan Pemasyarakatan yang beragama Nasrani hanya 16 Warga Binaan Pemasyarakatan yang mendapatkan remisi dengan besaran remisi berbeda-beda mulai dari 1 Bulan sebanyhak 15 Orang sampai dengan 1 bulan 15 hari sebanyak 1 orang, sisanya 5 Orang Warga Binaan Pemasyarakatan masih dalam proses usulan remisi susulan dan sedang menjalani Subsideir” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian Remisi Khusus Natal diserahkan langsung Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Yhoga Aditya Ruswanto, kepada dua orang perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan. Tema perayaan Natal Tahun 2023 yaitu Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi ini terinspirasi dari ayat Alkitab tepatnya dari Lukas 2:14.

Print Friendly, PDF & Email