Daerah  

Sejumlah Rumah Rusak Akibat Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Palengaan Pamekasan

RETORIK.ID, Pamekasan – Sebanyak 9 rumah, dan toko di Dusun Tengah, Desa Potoan Laok, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura rusak berat akibat tertimpa pohon tumbang yang diterpa hujan dan disertai angin kencang, Selasa (16/1/2024) siang.

Dalam peristiwa bencana alam ini, tiga warga setempat mengalami cidera dan luka ringan akibat terkena reruntuhan rumah yang tertimpa pohon tumbang tersebut.

Kasi Humas Polres Pamekasan, AKP Sri Sugiarto mengatakan, hujan deras disertai angin kencang yang merusak 9 rumah warga Kecamatan Palengaan ini terjadi mulai pukul 12.30 WIB.

Pengamatan dia, hujan deras yang disertai angin kencang di wilayah Kecamatan Palengaan tersebut berlangsung hingga pukul 14.00 WIB.

Usai hujan deras, beberapa rumah dan toko warga setempat dilaporkan mengalami kerusakan dikarenakan tertimpa pohon tumbang.

Begitu pula beberapa pohon yang berada di sisi Jalan Raya Palengaan, tepatnya di Desa Panaan juga dilaporkan oleh warga banyak yang tumbang menutup akses jalan raya.

“Akibat dari kejadian tersebut, sempat terjadi kemacetan di Jalan Raya Palengaan dikarenakan pohon yang tumbang menutup dan menghalangi arus lalu lintas,” kata AKP Sri Sugiarto.

Menurut mantan Kapolsek Palengaan ini, terdata 3 warga setempat mengalami cidera dan luka ringan akibat terkena reruntuhan perkakas rumahnya.

Di antaranya, Hotiyatul Lailiyah (45) mengalami cidera di bahu sebelah kanan dan luka di bagian kepala.

Sedangkan Shofiyatul Munawaroh (22) mengalami luka di kaki sebelah kanan dan sebelah kiri, dan Anni Rifkatul (15) luka memar di bagian kakinya.

Polisi berkumis tipis itu menafsir sejumlah rumah, dan toko milik warga yang tertimpa pohon tumbang ini mengalami kerugian material mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 15 juta rupiah.

“Anggota Polsek Palengaan, anggota Koramil Palengaan dan personel BPBD Pamekasan dibantu warga sekitar membantu proses evakuasi pohon tumbang yang mengenai rumah warga sampai pukul 16.00 WIB,” tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email