Daerah  

Seminar TC Psikoedukasi Sukses Digelar Lapas Narkotika Pamekasan dengan Ghana Recovery

Sumber Foto : Humas Lapas Narkotika Pamekasan

RETORIK.ID, Pamekasan – Program Rehabilitasi Sosial merupakan Program Pemerintah yang bertujuan untuk membimbing Narapidana mengembangkan sikap kemasyarakatan dan menanamkan sikap prososial, sehingga mereka nantinya dapat kembali ke masyarakat dan tidak mengulangi tindakan penyalahgunaan narkoba setelah bebas.

Oleh sebab itu, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim bekerjasama dengan Ghana Recovery mengadakan kegiatan Seminar TC Psikoedukasi, Rabu (21/06/2023).

Perlu diketahui Seminar Theraputic Comunity Psikoedukasi merupakan sebuah metode edukatif yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pelatihan yang berguna untuk mengubah pemahaman mental/psikis Individu.

Turut hadir Plt. Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Eddy Junaedi didampingi Kasubsi Bimkeswat, Hairul Rasyid beserta anggota tim Pokja Rehabilitasi Tahun 2023 dan konselor dari Ghana Recovery. Kegiatan ini bertempat di Aula Balai Latihan Kerja Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim

Dalam arahannya Plt. Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Eddy Junaedi menyampaikan bahwa kehidupan itu ibarat “Ngonceki Pelem”.

“Jika kita ingin merasakan manisnya buah mangga (Pelem), kita harus terlebih dahulu mengupas kulitnya. Sama halnya dengan kehidupan, kita harus berusaha untuk menjadi manusia yang lebih baik. Harapan saya para peserta Rehabilitasi dapat mengikuti seluruh Program yang ada dengan baik dan maksimal dan tetap jaga kesehatan tubuh. Kita harus bersih dari segala ketergantungan narkotika di dalam tubuh,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Ghana Recovery mengucapkan terimakasih kepada Plt. Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Eddy Junaedi beserta seluruh jajaran atas terselenggaranya kegiatan Seminar TC Psikoedukasi.

“Kehadiran Bapak Kalapas dan memberikan materi Seminar ini merupakan bentuk dukungan nyata agar program Rehabilitasi Tahun 2023 ini dapat berjalan sukses sesuai dengan Schedule yang telah ditentukan. Semoga setelah menerima materi dalam Psikoedukasi tadi para Warga Binaan dapat memetik manfaat serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga kehidupan selanjutnya yang akan dihadapi bisa menjadi lebih baik dan bermakna,” tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email