Daerah  

Wakili Korwil Madura, Swara Pastika Band Lapas Narkotika Pamekasan Raih Juara

RETORIK.ID, Pamekasan – Swara Pastika Band Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim lagi-lagi berhasil torehkan prestasi. Kali ini, mewakili Korwil Madura dalam ajang Festival Band Warga Binaan Pemasyarakatan Se-Jawa Timur yang di gelar di Lapas Kelas I Surabaya, Swara Pastika Band berhasil meraih Juara 3 terbaik, Jum’at (04/08/2023).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa musik sangat digemari di masyarakat, begitu juga di Lapas atau Rutan yang banyak menjadikan musik sebagai sarana pembinaan bagi Warga Binaan.

“Kami mewadahi para Narapidana untuk dapat mengekspresikan diri melalui festival band ini. Kegiatan ini juga merupakan salah satu implementasi dari amanah UU 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan yang menjamin hak pembinaan kemandirian sekaligus kegiatan rekreasional bagi warga binaan,” ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari.

Sementara itu, Plt. Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Eddy Junaedi mengaku senang dengan torehan prestasi para Warga Binaan.

“Kami sangat senang dengan torehan prestasi yang diberikan Warga Binaan kami ini. Momen ini juga menjadi wadah memacu potensi bakat seni dan kreatifitas tanpa batas walaupun di tempat terbatas dari para Warga Binaan,” ujarnya.

Perlu diketahui kegiatan ini diikuti oleh delapan grup band yang merupakan hasil seleksi dari tujuh korwil di Jatim. Dan setiap grup band membawakan tiga jenis lagu. Pertama adalah lagu yang sudah ditetapkan juri, yaitu lagu “Bis Kota” yang ditulis oleh Teddy Sujaya. Kegiatan ini juga sebagai media agar masyarakat mengetahui bahwa Warga Binaan juga punya potensi dan kesempatan yang sama.

Print Friendly, PDF & Email