Daerah  

Wanita Rentan Sosial Ekonomi Mendapat Bantuan Rp 3 juta di Pamekasan

RETORIK.ID, Pamekasan – Puluhan wanita rentan sosial ekonomi di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mendapatkan bantuan uang senilai Rp 3 juta per orang sebagai tambahan modal usaha mereka, Rabu (26/7/2023).

Penyaluran bantuan dari Pemerintah Provinsi (pemprov) Jawa Timur terhadap 60 wanita rentan sosial ekonomi tersebut bertempat di Kantor Desa Jambringin, Kecamatan Proppo. Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin, dan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Jawa Timur, Moehammad Anas.

“Kami mohon, ini uang negara jangan disalahgunakan. Satu rupiah pun harus bisa dipertanggungjawabkan, karena ini uang dari rakyat dikembalikan lagi kepada rakyat. Ini bukan uang pribadi yang seenaknya bisa dipakai untuk konsumsi” ujar Wabup Pamekasan, Fattah Jasin saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Dia meminta uang bantuan tersebut dapat dipergunakan sebagai tambahan modal usahanya, sebab para penerima memiliki usaha rumahan atau home industry yang dapat dikembangkan. Seperti usaha pembuatan kue, kripik, dan berbagai jenis usaha rumahan lainnya.

Bantuan ini dimaksudkan sebagai upaya mengurangi jumlah kemiskinan di Jawa Timur, apalagi setiap pelaku usaha dapat menyerap tenaga kerja. Termasuk pula untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

” Jadi, nanti akan diawasi. Modal Rp 3 juta ini jangan diotak atik (untuk selain kebutuhan usaha,red), kalau nanti ada hasilnya bisa untuk beli apa saja,” terangnya.

Dia berharap, penerima bantuan mampu mengembangkan usahanya melalui tambahan modal tersebut. Sehingga, cita-cita pemerintah meningkatkan taraf ekonomi warganya tercapai sesuai harapan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Jawa Timur, Moehammad Anas menyampaikan, pihaknya memiliki komitmen kuat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program, baik bantuan fisik maupun non fisik. Termasuk program bantuan uang untuk wanita rentan ekonomi sosial tersebut.

“Bantuan ini untuk pemberdayaan, tidak boleh untuk konsumsi, sehingga ekonominya meningkat, bisa membantu suaminya untuk mencukupi ekonomi keluarga. Jadi, ini (bantuan,red) untuk modal usaha” tegasnya.

Menurutnya, bantuan program itu murni usulan Pemkab Pamekasan kepada Pemprov Jawa Timur agar warganya bisa mendapatkan bantuan untuk tambahan modal usaha. Bahkan, empat kabupaten di Madura, hanya Pamekasan yang memperoleh bantuan tersebut.

“Pak wabup selalu koordinasi kepada kami kalau ada bantuan agar disalurkan di Pamekasan. Untuk sementara ini hanya Kecamatan Proppo, untuk selanjutkan kami akan upayakan di kecamatan lainnya” tutup dia.

Print Friendly, PDF & Email