Daerah  

Workshop Penguatan Tim, Lapas Narkotika Pamekasan Komitmen Berantas Pungli

Sumber Foto : Lapas Narkotika Pamekasan

RETORIK.ID, Pamekasan – Komitmen dalam rangka pemberantasan pungutan liar (Pungli), Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim mengikuti Workshop Penguatan Tim Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kemenkumham.

Kegiatan tersebut digelar dengan mengusung tema ‘Revitalisasi Unit Pemberantasan Pungutan Liar Kemenkumham yang Ber-Akhlak’ secara virtual yang berpusat di Aula Oemar Senoadji Gedung Ditjen Imigrasi, Senin (12/06/2023).

Sementara itu, Plt. Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Eddy Junaedi beserta seluruh jajaran mengikuti kegiatan melalui aplikasi Zoom meeting bertempat di Aula Lantai 1 Gedung Utama Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim. Kegiatan workshop sendiri dimulai pukul 09.00 WIB dan diikuti juga oleh seluruh Kepala Kantor Wilayah.

Acara dibuka dengan sambutan Ketua UPP Kemenkumham, Ir. Razilu, M.Si., CGCAE. Beliau menyatakan bahwa pungutan liar adalah perbuatan yang dilakukan seseorang atau pegawai negeri atau pejabat negara dengan cara meminta sejumlah uang yang tidak sesuai atau tidak berdasarkan aturan yang berkaitan dengan layanan yang diberikan.

Pungutan liar ini memberikan dampak kerugian di masyarakat dan menurunkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah dan mengakibatkan biaya ekonomi menjadi tinggi,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengajak untuk merevitalisasi atau menggelorakan kembali pemberantasan pungutan liar di Lingkungan Kemenkumham dengan pendekatan yang lebih efektif dan terkoordinasi, yakni melalui langkah-langkah pembaharuan yang kontemporer sesuai dengan kondisi teraktual saat ini.

Hal senada, disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto menyampaikan 7 (tujuh) fokus utama sesuai dengan arahan Menkumham.

“Pertama, lakukan terobosan kreatif atasi tantangan tingkatkan moralitas dan etika pegawai, tingkatkan pengawasan pelayanan publik, tingkatkan indeks integritas, jangan beri ruang KKN, APIP sebagai role model integritas, identifikasi berbagai penyimpangan dan terakhir APIP harus bisa mengantisipasi berbagai penyimpangan,” himbaunya.

Kegiatan lanjutkan dengan penyematan Pin Unit Pemberantasan Pungutan Liar kepada empat ketua pokja oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto dengan didampingi Inspektur Jenderal Razilu dan dilanjutkan dengan pemaparan oleh pemateri pada kegiatan workshop Penguatan Tim Unit Pemberantasan Pungutan Liar.

Print Friendly, PDF & Email